Jumat, 17 Oktober 2008

Lebaran Ceria

Momen penting yang dinanti setiap tahun dan merupakan tradisi di Indonesia umumnya adalah pulang kampung.Perjuangan untuk pulang kampung merupakan hal yang luar biasa bagi setiap orang .Dimulainya dengan menjalankan kewajiban rutin puasa di bulan Ramadhan hingga menyiapkan bekal untuk pulang.Tradisi ini akan mengingatkan kita aktivitas kita dimasa kecil,mengingatkan kita tempat-tempat tertentu yang sampai kini juga tidak akan berubah walau kita sendiri telah berubah dengan dimakannya usia,mempertemukan kita dengan kawan-kawan sepermainan yang terpisah sekian lama.Hal yang terpenting event ini adalah kita bisa menghormati (sungkem)orang tua mohon maaf serta berterima kasih karena telah berjuang membesarkan dan menyekolahkan kita walau untuk hidup paspasan.
Maka kadang kala walaupun kita pada kondisi yang pas-pasan kita usahakan untuk pulang kampung demi membahagiakan orang tua. Dengan begini kita akan dilapangkan rejekinya dengan doa restu orang tua.Bagi orang tua yang sudah tiada saatnya kita berziarah mendoakan mereka dan mengingatkan kita akan rumah masa depan kita, kita akan kembali kepadaNya.
Hal yang ada di angan penulis adalah keadaan ekonomi yang kurang berubah pada umumnya.Keadaan kehidupan memang sudah lebih baik, namun kalau kita tilik pendapatan orang per kepala belum banyak berubah dari dulu, hanya inflasi yang merubah nilainya saja.Memang banyak rumah yang dulu dari tabag, papan, sekarang sudah berubah menjadi permanen, bahkan sulit kita temui rumah yang alami seperti waktu kita tinggal dulu, namun sebagian dana pembangunan berasal dari anak yang merantau, sementara kehidupan disana masih seperti dulu. Memang ada sebagian yang berhasil dengan mengandalkan potensi di desa seperti Bpk Parwoto yang sukses di permebelannya hingga menembus pasar ibukota.Namun masih banyak sebetulnya potensi yang bisa dikembangkan disini,namun memang tidak mudah tapi bukan tidak bisa.
Sebagai contoh penulis angankan :
1.Perkebunan : Umumnya masyarakat mempunyai pekarangan yang luas, paling kalau orangnya rajin ditanami ganyong dan erut saja, suwegpun hanya tumbuh sendiri.Coba kalau kita semua kompak tanam salak jenis unggulan, kita tidak perlu nebang kelapa sebagai penghasilan utama ,salak akan hidup dibawahnya. berapa ton perbulan dari desa ini bisa dihasilkan salak.
2.Industri : Kita dilewati sungai yang dinamis,sangat beruntung dibanding daerah lain .Disini merupakan penghasil pasir alami.Kita bisa membikin batako,paving,bis dll dengan tidak mengenal musim,seperti kalau kita buat batu bata.saya bayangkan kalau daerah ini menjadi sentra produksi paving,batako,dll
3.Pariwisata : Kita mempunyai Gua Gong....(luar biasa) Kita bisa lengkapi dengan taman rekreasi yang masuknya bisa dikenai tiket, bahkan lebih bagus kita lengkapi tempat pemandian, luar biasa ramainya , karena mungkin satu-satunya di kecamatan dan mungkin di wilayah barat Purworejo.
4.Industri hutan : Hutan sebagian besar tidak ada yang maksimal digarap.Coba kita tanami tanaman jangka panjang dan pendek,Jangka panjang seperti kayu albasia,mahoni,jati dsb, disela-selanya bisa jahe,kencur,kapulogo,dsb
Sebetulnya luar biasa desa kita bisa berubah, namun siapa yang bisa merubah,,,,,,?
Siapa yang memberi modal.....? Siapa yang mulai......? Siapa yang percaya.....?
Jawabnya : BERSAMA KITA BISA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mari bercerita disini